Mobile Legends - #SaveMiya



(Hallo, kembali lagi bersama skipio disini ! Artikel ini pernah aku publish di grup facebook, aku upload aja di blog ini biar tidak tenggelem,)


Miya merupakan salah satu hero tertua di mobile legends. Yah, setara dengan zilong dan balmon sih, eudora juga. Tetapi belakangan popularitasnya kian menurun, apalagi semenjak season 10 ini. Bahkan Miya merupakan MM dengan rate pick terendah. kalau tidak salah ditemani pahlawan dari negeri timur: YSS. Lalu apakah Miya memang tidak layak di pick sekarang? atau apakah skill dari Miya perlu di rework? ya setidaknya di buff sedikit ..


Gambar terkait
Pinterest.com

  
Kenapa sih ? Harus No Miya ?

 Kalau menurutku, alasan Miya kurang menarik peminat adalah skin elite nya yang burik maksudku, ketiga skill aktifnya. Ya, ketiga skill aktifnya, kalau pasif sangat berguna sih karena hero elf ini adalah hero dengan tipe attack speed.


Skill aktif dari Miya tidak terlalu efektif, tidak terlalu bagus. bahkan Miya terasa seperti hero yang hanya mengandalkan basic ATK dan pasifnya saja yang dapat men-stack ATK speednya menjadi lebih cepat dan lebih tinggi. Miya di early game kurang bisa memberikan damage yang besar sedangkan MM meta sekarang medapat julukan spesialis True Damage dan spesialis si monyet datang dari goa ketika war (siapa lagi kalau bukan claude)


Kalau menurut salah satu FP mobile legends di Instagram, mungkin skill 3 nya saja yang cukup bagus untuk menghilangkan efek negatif dan kabur ataupun sekedar memberikan ATK speed tambahan. Tapi yah tidak juga .. kalau hanya sekedar menghilang dan immune stun, skill 1 lesley jauh lebih efektif dan berguna. ya kan..


Ditambah lagi, bagaimana dengan skill 1 dan 2 nya ? kurang bagus kan kalau dipikir-pikir dan dibandingkan dengan MM lain yang ada di semesta Onepiece. Maksudku .. Mobile legends.


Memang, skill 1 nya sebenarnya bisa memberikan damage yang cukup tinggi, Skill 1 nya juga bisa menembak 3 panah, buat war berasa banget apalagi kalau yang susah lock hero, tetap bisa hit carry musuh walau nge-lock tank nya. tapi yaa tidak terlalu berasa.


Skill 2 nya memberikan slow effect dengan range yang kecil, positifnya sih, saat tim war kadang musuh gak ngerasa skill-skill kena mereka, apalagi kalau sudah 4 detik kena hujan panahnya. Auto freeze dan itu crowd control banget. Buat tim, itu akan sangat membantu. apalagi bisa nge freeze lebih dari 1 hero lawan. dan akan memberikan frozen efffect jika musuh berada cukup lama didalam skill 2 nya. tapi yaa saat proses nge freeze musuh keburu kabur duluan sebelum melancarkan skill 1. itulah kelemahannya.


Jadi, Miya ini sebenarnya seperti hero "tanpa skill". Miya benar-benar hanya memanfaatkan Basic ATK, item dan ATK speednya saja. Mungkin ini menjadi salah satu alasan mengapa Miya jarang di pick (setidaknya untuk saat ini). Jika sudah masuk late game dan mendapat 'makanan' yang cukup + item sudah jadi, Miya emang sakit sih damage nya. Tetapi bukannya semua MM memiliki damage yang tinggi di Late game ? jadi kenapa harus elf pemanah ini ? kan itu buang-buang slot, mubazir.. 


Dan kamu berdalih semua hero itu kuat atau enggaknya tergantung pilot ? ya emang tergantung pilot, tapi kurang efektif memang. Early game kurang membantu.. late game gak jauh beda dengan MM lain. Kalau ada hero yang lebih baik kenapa tidak ? Sama halnya dengan kamu yang pakai support Nana, walau kamu di range 'Mythic' sekalipun. Pasti kamu kena bacot oleh teman setim mu yang maha benar itu. Kenapa ? karena masih ada support yang lebih baik dari Nana. Siapa lagi kalau bukan si boneka healer itu. Angela. Begitu juga MM. Walau Miya berguna, Hanabi dan Claude jauh lebih sangar dalam hal attack speed.

Hasil gambar untuk hanabi ml
Vazgaming.com

Oleh karena itulah, Miya seharusnya mengalami rework. setidaknya 'buff'


Ngomong-ngomong soal buff ..


Skill 1 dari Miya harusnya perlu dibenahi. Juga, jika skill 1 bisa memberikan tambahan slow effect kepada musuh, pasti skill 1 akan lebih membantu dan efektif. Dengan adanya slow effect, pasti nanti skill 2 nya juga otomatis menjadi lebih efektif.


Lalu, range dari skill 2 nya diperlebar sedikit lagi. Dengan tambahan efek slow dari skill 1 tadi, skill 2 pasti menjadi lebih efektif dan musuh sulit kabur dari 'hujan es' skill 2 ini.


Untuk skill 3? lumayan berguna tapi tidak terlalu.. skill 3 harusnya durasi ngilangnya di tambah. kayak mode mayhem mungkin? yang ultinya 15 detik. tapi ga usah, nanti terlalu op, malah di nerf lagi. moonton emang begitu. kalau sekarang, miya serasa tidak punya ulti. Useless, kalah sama skill ngilang Lesley yang dapat digunakan 5 detik sekali dalam waktu sekitar 3 detik plus dikasih immune dari stun.


Dengan menambahkan slow effect pada skill 1 dan memperlebar range skill 2, lalu menambah durasi untuk skill ulti. aku rasa Miya pasti bisa menjadi hero yang siap bersaing dengan marksman lainnya.


Emang problematik sih si Miya(bi) ini. Aku yang sebagai user Miya merasa berat banget buat pick ini di antara hero-hero jaman sekarang. Harus benar-benar sabar dan punya tim yang support banget supaya Miya benar-benar bisa jadi. kamu harus punya tim yang care agar si Miya ini cepat jadi dan tidak rebutan buff dihutan (udah gitu yang ngambil tank pula) dan  kalau itemnya jadi emang termasuk sakit parah. tapi ya itu tadi. Bukannya seluruh MM kalau item jadi emang damage nya sakit ? jadi kenapa harus si elf pemanah ini?#Savemiya.


(tapi masih mending miya sih daripada layla. Setidaknya miya punya skill kabur walaupun durasinya kurang lama. hanya saja .. si Layla range nya jauh sama kayak benda yang ia bawa. (mikir keras) 


Overall, miya cuma butuh minor buff. Aku bahkan tidak mengharapkan miya mendapat mayor buff apalagi sampai rework skill. Kasian juga kan kalau pada akhirnya harus kena nerf lagi. Mending gitu, sedikit buff, No Nerf. kan enak. Old hero need buff biar sejajar sama hero-hero baru, dan miya(bi) salah satunya.


Hasil gambar untuk Miya mm
Ini miya jaman kapan woui. sc: mobilelegends.com


Sekali lagi, ini mendapat pribadi ya. So, bagaimana dengan pendapatmu ? Tulis di kolom komentar. (siapa tahu ide kalian bisa membantu Miya menjadi MM favorit lagi)


Share:

No comments:

Post a Comment

Search

Category List

Contributors

Followers

Labels