AFK - 8 Tips Anti Typo



AFK ? Aku ga tau kenapa judulnya malah begini, padahal itu adalah istilah pelanggaran ketika bermain mobile legends. Ralat, main game online secara keseluruhan; Away From Keyboard. tapi bodo amat ajalah, ya. Toh, ini cuitan emang ada kaitannya dengan keyboard, kok.


 Tapi btw, yang ingin kubahas itu tentang typo, bukan AFK. Ya emang rada ga nyambung juga sih.


Begini, kawanku. Untuk meminimalisir ke-typo-an atau saltik bahasa kerennya, kita tidak perlu panik dan salto jungkir balik karena sudah terlanjur mengirim chat, doakan saja kamu mengirim chat di WA yang apabila melakukan typo bisa di unsend, tapi yaa ada batas waktunya juga, kamu ga bisa bebas semaunya. kamu pasti mendadak 'mirikisini' (lah apaan sih).


Dulu, ketika baru pertama kali belajar menulis dengan benar, kamu mengalami typo hampir seluruhnya, sekarang yaaa kalau menulis di ponsel typo mu mungkin jauh lebih parah lagi. Ini  serius ..


Loh? kamu ga tau apa itu typo? googling gih ..


Typo itu berasal dari kata A typographical error adalah kesalahan yang dibuat pada saat proses mengetik. Tentu saja, kesalahan pengetikannya ga di sengaja. istilah ini mencakup kesalahan karena kegagalan mekanis atau slip dari tangan atau jari, seperti kesalahan ejaan. Nyaris, sebagian typo yang di alami oleh netizen  banyak disebabkan oleh ketidaksengajaan dari menekan dua tuts keyboard berdekatan di sebuah keystroke saat memasukkan data. (bahasa nya ketinggian njir ..)


Biasanya sih, typo ini menimpa para pengguna smartphone dengan touchcreen..


Pasti kamu pernah melakukan typo, kan? apalagi kalau ponsel dengan basis layar sentuh yang hurufnya kecil-kecil, sebut saja kalau hp mu sejenis iphone atau samsung dengan ukuran ga sampai 5 inch, pasti itu akan sangat merepotkan jarimu.


Kalau typo nya ga merubah arti kata, ga masalah, itu masih bisa dimaklumi. Tapii .. kalau typo nya bisa merubah arti kata, atau bahkan arti dari kalimat itu ? tentu saja fatal dan berbahay ..


Salah satu contoh typo yang sering dilakukan adalah, saat mau mengetik 'tiket jadi t#ket' (ini harus di sensor karena akan sangat berbahaya .. Misalnya : Budi pernah mengirim pesan pada kawannya, ceritanya ga jadi nonton bioskop. Dia tulis :


"Eh, kok lu dapat t#ket murah mulu sih, bagi-bagi tips nya lah .."


Atau pernah melihat screen capture percakapan seseorang di status WA yg bikin geli.


" Beli t#ket online aja ga ?"


Atau salah ketik yang lain, seperti saat mau menulis "tau" malah jadi "tai", ini juga sering sih ..


" jangan sok tai, kamu ga boleh gitu"


dan masih banyak lagi .. 'konyol jadi kon#ol', 'buku' jadi 'bulu', 'kelapa' jadi 'kepala', 'makna' jadi 'makan', dan sebagainya.




Ya kalau tulisan salah ketik itu ditujukan buat teman aja, paling di ketawain, ga terlalu bermasalah. Tapi bayangkan kalau itu terjadi saat kamu mengirim pesan kepada orang-orang yang kita perlu jaim kalau di hadapan mereka, seperti gebetan, dosen, atasan, atau klien ? kebayang ngomong "hahah dasar kon#ol, ga usah nge lawak woy .." maksudnya konyol bukan kon#ol. atau ..


"pak, boleh pinjam dulu bulu bapak yang kemarin ? sama dosen, pasti kamu langsung ditandai dan dapat nilai E, padahal yang kamu maksud itu 'buku' bukan 'bulu.'


Atau kamu lagi nge chat sama ibu kamu.

Hasil gambar untuk chat saat typo
bacaanku.com

Wahaha ..


Jangan disikapi dengan pemikiran negatif ya .. Tapi .. ya begitulah jadinya kalau kita tidak berhati-hati dalam mengetik. Kalau tidak ada arti lain sih tak masalah, seperti : 'yang' jadi 'yanh', atau 'emang' jadi 'emag'.


Tapi sekarang alhamdulillah setelah ke Meikarta (lah ga nyambung) Setelah saya cari-cari agar ke-typo-an berkurang, saya menemukan solusi terbaik,  bisa dibilang .. ini adalah solusi terbaik menghindari typo yang berlebihan yang kadang merugikan. dan mudah-mudahan ini bisa membantu kamu juga ya..


Pertama, pilih aplikasi keyboard yang baik. Baik menurut saya disini itu ringan, ga ribet, ga ada iklannya, kan ga lucu kalau waktu kita asik balas chat yang kepencet malah iklan peninggi badan, auto masuk ke web lain.


Beberapa aplikasi keyboard emang sangat keterlaluan, temanya aja yang keren, tapi menghambat kinerja ponsel karena banyak iklan. Apalagi kalau RAM ponselmu standar, bisa-bisa itu ponselmu jadi lag. Jangan, deh, ya. peluang untuk membuatmu typo tentu akan semakin tinggi. Atau ga usah gunakan aplikasi keyboard, aplikasi bawaan aja.. tapi yaa nanti widget nya ga lengkap sih, sebagian keyboard bawaan miskin emoticon ..



Kedua, pahami pengaturan keyboardnya. Ini penting, sebab tidak sedikit tindakan salah itu karena didasari ketidaktahuan. Sisanya kesengajaan, Hehe. Pilih pengaturan keyboard dengan bijak. Mulai dari bahasa masukannya, koreksi otomatis, kamus, saran koreksi sampai kamus pribadi..


Untuk koreksi otomatis (auto correct) lebih baik dimatikan saja, Sering kali typo terjadi bukan karena jari yang salah ketik tetapi pengaturan ponsel yang memilih fungsi auto correct untuk mengubah tulisanmu secara otomatis. sebab kadang korektornya suka 'seenak jidat' mau nulis 'teh' jadi 'the', 'kamu' jadi 'muak', 'aku' jadi 'kau' (lah? apa-apaan ini?) yaa itu karna pengaturan auto correct yang membuat keyboard meng-auto kata yang sering kamu gunakan. Padahal yang kamu maksud bukan itu..


Ketiga, lengkapi setelan bahasa. Terserah, bahasa nya mau apa, yang pasti saran koreksi yang akan tampil di tab korektor berdasarkan bahasa yang kita setel. Pernah saya mau nulis 'f#ck' tidak bisa. Oh ternyata. opsi blokir kata tidak pantas di aktifkan, dan setelan bahasanya bahasa inggris, jadi ya si keyboard langsung mem blok apa yang ingin saya ketik.


Selain dari faktor keyboard, ada lagi faktor lainnya yaitu :


Pertama, kamu harus memotong kuku. Serius, kuku yang panjang akan menghambat prosesmu dalam mengetik, yang akan membuatmu salah dalam menekan huruf, yang harusnya kamu pencet huruf Y malah kamu pencet huruf T, mau nulis 'konyol' malah jadi kemaluan laki-laki. apalagi kamu menggunakan ponsel samsung Galaxy young yang jarak keyboard nya berdekatan banget.


Kedua, jangan terburu-buru. Sesuatu yang terlalu terburu-buru kadang hasilnya ga terlalu bagus, tapi ya jangan terlalu lama juga nanti pacarmu marah loh gara-gara chatnya cuma kamu read tapi ga kamu balas.


Ketiga, konsentrasi dan teliti lagi sebelum mengirim chat. Bukan cuma waktu ujian aja kamu teliti dalam membaca soal tapi ketikan yang akan kamu kirim harus kamu  teliti juga biar kalau ada yang typo bisa dibenerin.


keempat, Perhatikan tempat saat nge chat, ini juga berpengaruh, melakukan typo biasanya disebabkan oleh ketidaksesuaian posisi mengetik. (posisi mengetik tidak pas) Saat kamu nge chat, usahakan jgn saat kamu di bonceng temanmu naik motor, tentu saja itu akan membuatmu kurang fokus, dan juga .. itu berbahaya gaes, atau nge chat di tempat keramaian, pas lagi jalan pula, sambil natap layar ponsel.


Pokoknya jangan. Mengetik sambil berbaring menyamping juga akan meningkatkan kamu typo dalam mengetik. Ingat, posisi itu penting.



Kelima, gausah ngechat. Ya ini cara paling ampuh sih. Cara terbaik menghindari typo ya gausah nge chat, alternatif lain kamu bisa saja mengirim voice note atau menelpon lawan bicaramu, atau juga kamu bisa menemuinya langsung di dunia nyata tanpa harus takut typo dan salah arti, sesimpel itu.


Simple kan tipsnya ? Baiklah kalau gitu cukup demikian semoga kita lebih cermat lagi, dan insya allah ke-typo-an akan berkurang, wassalam.


Share:

No comments:

Post a Comment

Search

Category List

Contributors

Followers

Labels