10 Hal Unik yang Ada di Game Castle TD Android


Memang, akhir-akhir ini aku lebih sering ingin membahas game-game android kacangan seperti ini (baca: game dengan gameplay standar dan berspace kecil)


Dari sekian genre game yang ada di playstore, game dengan tema tower defense mendapat tempat tersendiri di hati para pemainnya.


Kamu sudah tidak asing lagi dengan game tower defense, kan?


Secara garis besar, game tower defense adalah game yang cara kerjanya dengan membangun serta mengupgrade tower guna mempertahankan base dari para monster. Kamu diharuskan mempertahankan base atau markas dengan cara membangun dan mengupgrade tower disepanjang lintasan yang dilalui oleh musuh, dengan menyesuaikan segala elemen didalamnya. COC yang populer itu juga termasuk dalam cabang Tower defense. dan juga, Game TD termasuk kedalam genre strategi.


Dan kamu ingin tau game tower defense terbaik untuk android? Castle TD, adalah salah satu diantaranya.


Screenshoot


Game yang satu ini merupakan salah satu defense game yang menarik, game yang diproduksi oleh Elite games dengan kualitas grafik 2D yang cukup detail serta gameplay yang menarik dapat membuatmu ketagihan. Tentu, dengan tambahan elemen unik didalamnya. Kamu dapat memiliki game yang satu ini dengan mendownloadnya dari google play tentunya, secara gratis. Game menyenangkan ini hanya berukuran sebesar 18 MB saja, dan telah didownload 10 juta kali. Dan yang lebih menyenangkan lagi, game ini offline.


Jika kamu lebih memilih untuk mendownload file apk nya, klik saja disini


Kayak gimana sih, gameplay nya?


Secara garis besar, gameplay dari game ini cukup sederhana, musuh atau yang biasa disebut enemies (semacam goblin, orc beserta keluarganya, dan lain-lain) akan melewati jalan setapak disepanjang arena, untuk itu, perlu dibangun tower-tower yang berfungsi sebagai pertahanan. Dan Untuk membantu menara-menara, kita juga dapat meletakkan instant skill (warrior, freeze, burn) kearah musuh. instant skill tersebut dapat dipanggil dengan point mana, permainan dinyatakan menang jika semua enemies berhasil dikalahkan, Dan jika beberapa enemies berhasil melewati garis pertahanan, tentu saja kamu yang kalah. Kamu harus mengatur strategi yang baik untuk mengalahkan semua enemies tersebut, dalam satu stage.


Screenshoot



Oh iya, tower, warrior, lifepoint, freeze, mana, dan beberapa item lainnya juga harus kamu upgrade ya, agar bisa membuat perlawanan yang lebih baik.


Berikut 10 hal yang ingin aku bahas di game ini, simak ya~


1. Tentang Enemies
      

screenshoot


Game ini memiliki banyak enemies, dan setiap enemies memiliki keunikan dan statistik yang berbeda-beda. Setidaknya, kamu akan menemukan 23 jenis enemies di game ini dan terdiri dari unit darat dan udara. Beberapa dari mereka bergerak dengan sangat cepat dan menyelinap diantara kerumunan dan melewati tower-towermu yang sedang sibuk menembak enemies pejalan lambat yang berlagak seperti umpan. Beberapa lainnya sangat sulit ditaklukkan walau hanya seorang diri (baca: para boss), dan juga beberapa lainnya memiliki kemampuan support seperti mensummon enemies lainnya, atau menyembuhkan kawan-kawan yang terluka.


Pokoknya kamu harus memainkannya karna akan sangat panjang jika skill monster dijelaskan satu persatu. :D

 
2. Boss yang usil
    


appgamer


Orc General merupakan boss pertama yang bisa kamu temui di arena Frontier Castle. Sebagai boss, ia memiliki HP dan armor yang sangat tinggi. Dan yang membuatnya usil ialah dia dapat menonaktifkan sementara tower-tower yang berada didekatnya dengan ability yang bernama Thunderstrike, membuat towermu itu tidak dapat menyerang musuh dalam beberapa detik atau istilah kerennya, stun.


Lalu, bagaimana cara mengatasi boss ini? setidaknya, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. pertama, kamu dapat menggunakan instant skill semacam freeze atau warrior sesaat ia akan menggunakan thunderstrike (dapat diketahui ketika ia mengangkat kedua tangannya dan bersiap menghantamkan senjatanya ketanah), membuat Orc General akan membatalkan ability nya tersebut. Kedua, jika sudah terlanjur tower milikmu terkena efek stun, kamu juga bisa meng-unstun nya dengan cara terus menerus mengklik towermu itu. Ah, pokoknya boss yang satu ini benar-benar usil.


3. Props yang Boros
   Props, merupakan item lainnya yang ada di game ini. Fungsinya? sama seperti instant skill, ini sangat berguna di arena karena menyebabkan efek terhadap musuh secara langsung, jika instant skill (warrior, freeze, atau burn) bisa kamu gunakan berkali-kali karena hanya memakai mana, Props lebih mahal dari itu, kamu harus menggunakan Kristal (alat berharga di game ini) untuk menggunakan props yang hanya sekali pakai.


appgamer


Kamu sebaiknya jangan menghabiskan kristal hanya untuk mendeploy puluhan warrior, atau hanya sekedar membuat musuh keracunan dan berjalan lamban, ini merupakan tindakan beresiko apabila kamu membeli kristal untuk props ini. Kamu akan kehilangan kristal dan menyia-nyiakannya, yah lebih baik kristal yang susah payah kamu kumpulkan akan lebih baik untuk upgrade warrior, skills, dan towers. Jika kamu melakukan tindakan boros ini, kamu mungkin harus farming kristal lagi nanti.

Ada 4 macam props di game ini, yaitu:
  1. Fog of Death : memberi racun semua musuh dan membuat mereka berjalan lebih lama selama beberapa detik. harganya 400 kristal.
  2. Elite Army : Deploy (menyebarkan secara merata) warrior di tengah arena. 800 kristal.
  3. Meteor Rain : Yap, sesuai namanya.. hujan meteor. 600 kristal.
  4. Extra Lives : Memberikan 5 tambahan life point untukmu. Harganya 1000 kristal.

4. Tentang Wizard
     Wizard, adalah karakter yang selalu menggunakan sihir, kamu pasti sudah tau itu, dan merupakan 1 dari 3 karakter warrior yang dipilih di awal permainan ini, yang lainnya ialah paladin dan barbarian. Memang, Ketiga warrior memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Contohnya saja, paladin memiliki HP yang tinggi, namun punya damage yang rendah.


appgamer



Aku merekomendasikan wizard sebagai warrior pilihan. karena, wizard begitu efektif (dan memang yang paling efektif) berhadapan dengan enemies terbang. Karena tentu saja, ia bisa menyerang di udara yang tidak bisa dilakukan oleh dua warrior lainnya. Kelemahannya adalah, HP yang ia miiki begitu payah. Kamu boleh saja tidak setuju dan lebih memilih warrior dengan damage yang kuat (barbarian tentunya), yah.. itu sih terserah.. 


5. Tentang Achivement

   

Achivement sangat diperlukan untuk mendapat bonus atau penghargaan (hadiah) dengan menyelesaikan tugas yang diberikan, hadiah nya sih sebagian besar adalah kristal, achivement juga tidak terlalu sulit, seiring dengan tingginya level kamu bermain, kamu akan menyelesaikan achivement dengan sendirinya.


Kamu dapat melihat daftar achivement dengan menklik ikon kanan bawah layar di menu stages yang bergambar piala.

6. Tentang Skills
     

screenshoot

 Di menu skills, kamu akan menemukan 10 skills, yah bisa dibilang skills pasif, sih. Namun jangan salah,, skills ini akan memberi dampak yang signifikan apabila kamu upgrade terus menerus. Contohnya saja, skill Max life akan meningkatkan lifepointmu. Perhitungan kasarnya, Max life level 1 yang tadinya 5, akan meningkat menjadi 6 apabila kamu upgrade ke level 2. Contoh lainnya, Max Mana akan meningkatkan tampungan maksimum dari mana yang kamu miliki., dan Mana recovery akan meningkatkan kecepatan dari regenerasi mana dan tentunya akan sangat berdampak pada penggunaan instant skill (warrior, freeze, dan burn)


Dan tentu saja ke 10 skills pasif ini juga sama pentingnya. 


7. Tentang Stages
     Ada 15 stages yang bisa kamu lewati di game ini dan menjadi tantangan, dan 1 stages terdiri dari 3 level, dimulai dari stages farm, hingga mencapai akhir : capital city. Hutan, jembatan, desa elf, ah pokoknya masih banyak lagi. Setiap arena juga memiliki kendala dan masalah sendiri, jarak yang pendek atau memiliki dua cabang dan membuat musuh lebih mudah untuk menyerang. Untunglah, di beberapa stages kamu di bantu oleh warrior dan tower tambahan membuat kamu lebih kuat untuk bertahan. Contohnya saja, di stage Countryside di level 4-1 kamu akan menemukan 2 warrior elite yang akan menjaga ujung jalan. Membantu bukan?


barbarian penjaga field


Oh iya, Kamu harus membuka Normal mode terlebih dahulu untuk masuk ke 3 mode berikutnya (Hard, Mission, Endless


8. Tentang Tower
    Tower, adalah inti dari permainan. Karena merupakan pertahanan utama dari para enemies, Dan ada 4 jenis tower di game ini, yaitu:
  1. Bunker - Tower penembak panah, biaya untuk membangunnya murah, tower ini menembak panah dengan cepat dan efektif terhadap enemies darat dan terbang.
  2. Lab - Tower yang menyerang dengan cara menyebarkan cairan racun hijau kepada enemies dan akan menguras HP musuh secara perlahan-lahan. Juga, memperlambat kecepatan enemies yang terkena racunnya. 
  3. Fort - Tower terbaik menurutku, menembakkan bola sinar yang kuat dan membuat tembakannya terasa lebih sakit untuk para enemies.
  4. Cannon - Menembakkan bola meriam dan menyebabkan kerusakan area (splash) Untuk semua enemies yang terkena dampak tembakannya. Charge dari tembakan tower ini sedikit lebih lama dari ketiga tower lainnya. Labs akan membuat tower ini lebih efektif ketika digunakan.

 Kamu dapat mengupgrade tower-tower ini, jika level nya cukup, kamu dapat mengubahnya menjadi salah satu dari 2 jenis tower baru yang tersedia dengan kristal tentunya.. dan itu permanen.


9. Upgrade Your Tower
    Sambungan dari nomor 8 tadi sih sebenarnya, jika level dari tower yang kamu upgrade itu cukup, kamu dapat memilih satu dari 2 tower baru ini ditengah pertempuran.
       A. Bunker
      - Bunker of Vipers - menembakkan anak panah beracun pada enemies. 
      - Bunker of Gunners - Menembakkan anak panah dengan range yang jauh, lebih cepat dan lebih sakit dari bunker biasa

appgamer

       B. Lab
           - Prime lab - selalu menembakkan 2-4 cairan beracun kearah musuh.
           - Avenger's lab - efek yang membuat HP musuh menurun dari waktu ke waktu dalam jangka waktu yang lebih lama.


       C. Fort
            - Prime fort - menyerang 4 kali pertembakan terhadap target.
            - Laser - sesuai namanya, laser. menembakkan laser yang mirip dengan petir. 


appgamer



        D. Cannon
             - Super Cannon - menembakkan meriam berproyektil api. area splash terbakar.
             - Missile launcher - tower badass, melacak dari jarak jauh dan memiliki jangkauan serangan yang sangaaat luas, damage yang ditimbulkan cukup untuk membuat ciut nyali para boss, area splash juga.


10. Cannons yang Lamban
    

 
screenshoot

 Ada 4 tower utama yang bisa kamu bangun untuk mempertahankan serangan dari para enemies, Yaitu : Bunker, Labs, Forts dan Cannons. Dan yang membutuhkan sumber daya terbanyak untuk membangunnya ialah Cannons dengan 120 kayu. Walaupun tower ini bisa memberi damage yang lumayan sakit dan dapat menyerang area, tower yang satu ini memiliki beberapa kelemahan yang sangat fatal.


Usahakan jangan membangun cannons sendiri saja, dan jangan terlalu banyak. bazooka darat ini memiliki kecenderungan untuk menembak sedikit lebih lama dari ketiga tower lainnya. Juga, tower ini juga terkadang mengalami miss saat menembak. ditambah lagi, ia akan selalu menyerang enemies yang datang lebih dulu masuk di area tembakannya, enemies secepat boar akan dengan mudah berlari meninggalkan si cannon ini, menempatkan cannon di dekat labs, tentu merupakan cara yang baik, karena labs akan memperlambat targetnya dan memungkinkan cannon lebih mudah menembaknya.


Seperti di point 9, upgrade dari cannon merupakan tower terbadass.
      

      ***

Yah, memang tidak terlalu lengkap, sih. masih banyak yang tidak aku bahas, huehehe.. 


Apakah kamu tertarik untuk memainkannya? atau kamu sudah main dan ingin mengulangnya lagi? 


Share:

15 comments:

Search

Category List

Contributors

Followers

Labels