Siapa Sih Bondan Prakoso Itu?


Lumba-lumba sihitam manis
Paling pintar sesama ikan
Suka menolong sesama manusia
Dilaut yang luas asalnya...


Mamalia air tersebut memang selalu menarik perhatian, suaranya dan cerita yang selalu menyertainya sebagai penolong manusia di air asin yang luas tersebut memang menjadi ciri khas tersendiri, namun yang akan aku bahas bukan itu.


Silumba-lumba bermain bola
Silumba-lumba bermain api
Silumba-lumba menghitung angka
Itulah dia silumba-lumba..


anjir ga nyambung.
                                                                          

Ya, lagu yg memorable dan populer banget (bukan menurutku tapi, ini menurut mereka yang lahir diera akhir 80an hingga awal 90an.) lagu yang menjadi cikal bakal dan membuat nama bondan prakoso melejit dan terbang tinggi keatas. itulah dia silumba-lumba.


Saat era 90an memang lagi subur-suburnya lagu anak-anak dimasyarakat kita, termasuk lagu lumba-lumba ini sih. tapi entah kenapa lagu ini tidak sampai ditelingaku. buktinya, aku tidak pernah mendengar lagu ini diputar ditoko-toko tempat aku hunting dulu, ataupun rumah tetangga yang saat itu menjadi basecampku. Mungkin aku lahir diera akhir 90an sedangkan lumba-lumba awal 90an? dan juga akhir 90an masih subur-subur kok lagu anak-anak, sebut saja diobok-oboknya joshua, atau lagu dudidam nya eno lerian (apa lagi ya? duh.. lupa) suara mereka terekam dalam kaset bajakan lengkap dengan penyanyi cilik lainnya yang pernah menjadi favoritku dulu. kaset tersebut kini telah usang dimakan debu dalam keranjang yang pernah menjadi childhoodku dulu..


Bondan Prakoso nama artisnya, artis yang mempopulerkan lagu lumba-lumba itu. tanpa dijelaskan lagi semua orang juga udah tau siapa dia. (nah, coba kamu perhatikan, disetiap infotainment ataupun reality show bondan prakoso pasti ada embel-embel "silumba-lumbanya" dan seumur hidupnya bakal disebut bondan prakoso silumba-lumba, saat dia jadi presiden pun, dia pasti masih dipanggil begitu. hal ini membuktikan bahwa lagu populermu akan mengutuk dirimu sendiri)



google.com


 Kalau dilihat-lihat video clipnya bondan prakoso cilik dan lagu lumba-lumbanya (yang saat itu aku masih smp dan aku menontonnya di infotainment) "merasa bondan prakoso terlihat paling keren diantara penyanyi cilik lain, sibondan nyanyi pakai jaket kulit, kacamata hitam berteriak-teriak "silumba-lumba! makan dulu!" Wow, ngasih makan lumba-lumba gak pernah sekeren ini." Ya setidaknya itulah yg ditulis oleh raditya dika dalam bukunya yang berjudul babi ngesot, pemikiran kita sama.


Namun, itu adalah bondan prakoso yang dulu. Do'i yang dulunya chubby, keren, dan imut, semua orang sudah menyangka dewasanya menjadi pujaan hati penduduk indonesia khususnya kalangan remaja dan membuatnya semakin cool saja, bondan punya banyak potensi lewat karya-karya pemberi semangat dan inspiratifnya.


Nama panggilannya Mr. B, tidak-tidak, bukan Mr. Big yang dari amerika itu. maybe, Itu nama panggilan ciliknya, Atau panggilan teman-teman akrabnya. Si do'i lahir dijakarta tanggal 8 mei 1984, membuat usiaku dengannya berbeda 18 tahun. tapi who cares? ill always support you, mr. B (eh apasih)


Bondan beragama islam, tapi waktu itu (SMP,2010) saat aku mendengar lagu "gusti dewata mulia raya" yang dinyanyikan bersama fade2black, aku berpikir bahwa do'i itu nonmuslim. karna lagu tersebut ada "dewata" nya, maklumlah yaa.. saat itu Hp ku ga canggih-canggih banget dan mendapat jaringan internet itu susah. aku hanya mendengar desas desus saja. ngoahaha.


Bondan prakoso itu anak kedua dari tiga bersaudara, ibunya bernama Lili yulianingsih dan bapaknya bernama Sisco batara, (udah kayak anak SD aja bahas nama bapak) orang tua yang sangat bersyukur. dan pada tanggal 17 desember 2007. bondan menikahi kekasihnya, wanita yang beruntung tersebut bernama margareth atau yang akrab disapa Margie yang bertempat di restoran cibintung, ciputat, tangerang dengan maskawin berupa seperangkat alat sholat dan 17 gram emas, dan pada tahun 2008 mereka dikaruniai anak pertama yang diberi nama Kara Anabelle Prakoso, dan anak kedua lahir pada tanggal 17 mei 2016 jam 1:25 am. dan diberi nama Kalia Avery Prakoso. keluarga yang bahagia yaa..


Ini bapak udah 32 tahun aja


Waktunya menyinggung karir, berhubung karir itu meliputi sejarah hidup, pastinya ini panjang banget dan aku bukanlah tipe orang yang rajin-rajin amat. jadi, aku hanya akan membuat intinya saja (lagian juga diluar sana udah bejibun situs yang membahas karirnya sidoi ini, eleh ngeles).


Secara umum, doi mengalami 4 fase karir yang telah ia lewati. pertama, pas jadi penyanyi cilik, bokapnya yang produce. kedua, saat bersama band funky kopral sebagai bassist hingga merilis 3 buah album. ketiga, doi membentuk grup musik baru bernama bondan&fade2black dengan genre musik pop rock yang dipadu dengan rap. fase keempat, bondan akhirnya vacum (atau bubar?) dengan fade2black dan 2014 pun do'i resmi jadi soloist dengan rilis mini album generasiku. ini full bondan yang mengerjakan. dan sepanjang karirnya bondan sangat banyak mendapat prestasi, salah satunya diajang Ami awards dalam kategori artis solo rock terbaik.


Do'i adalah lulusan D3 Sastra Belanda di universitas indonesia, Dan menjadi salah satu orang yang jurusannya tidak sesuai dengan profesinya, maybe (ngoahaha) dan hobinya tentu saja musik, menonton film dan membaca buku.


Setiap orang juga tentu memiliki menu makanan favorit yang sesuai dengan lidah masing-masing. bondan prakoso juga begitu, menurutnya, ia suka banget menikmati menu indonesian food. selain enak, menu makanan indonesia identik dengan aneka macam bumbu yang membuat masakan semakin terasa lebih nikmat (habisnya orang jawa sih). Dan minuman kesukaannya air mineral (minuman anjuran dokter banget nih)


 Fiuh, akhirnya sampai juga di penutupan, dan aku tidak yakin data ini begitu lengkap, tapi toh siapa yang peduli? aku hanya ingin menulis apa yang kupikirkan saja. salam dari penggemar kecilmu ini, teruslah berkarya, Mr. B :)

Share:

2 comments:

  1. wih info yang sangat detail sekali hingga membahas ttg menu favorit bondan prakoso.. sepertinya agan merupakan fans beratnya bondan.. hehe

    ReplyDelete

Search

Category List

Contributors

Followers

Labels