Manusia yang Berwujud Hewan Belum Tentu Pengguna Zoan - One piece




Jika kamu telah membuka post ini dan berniat ingin membacanya, berarti kamu sudah mengerti dan tau mengenai seluk beluk di dunia per-onepiece-san. (halah!)


Eh hey, selamat siang, kawan?! apa kabar? semoga baik-baik aja ya.. sudah lebih dari 2 bulan saja saya berhibernasi sejenak alias tidak lagi mengurus blog yang sedari awal emang terbengkalai ini, dan saya akhirnya kembali! maklum, di dunia nyata begitu sibuk gaes (yg gak sibuk-sibuk amat sih) sehingga membuat blog ini kembali memunculkan sarang laba-labanya lagi..


Oke, jangan terlalu berlama-lama dan terlalu baper.. back to topic.


Pos ini sudah pernah saya publish di grup facebook one piece terbesar di indonesia - opi, dengan 150ribu lebih member.. Yah, biar tidak terlalu tenggelam dan saya ingin selalu melihat tulisan ini jadi saya repost ulang aja disini, gapapa, kan? Ehe.


***


Di one piece, hanya ada beberapa sumber kekuatan yang membuat penggunanya menjadi dan memiliki kemampuan layaknya hewan. Salah satunya ialah buah setan jenis: zoan.


Zoan adalah jenis buah setan yang membuat penggunanya untuk berubah menjadi spesies lain dan bentuk hibrida antarspesies. Bisa dikatakan, bahwa pengguna zoan adalah mereka yang dapat bertransformasi dan memiliki kemampuan hewan.


Pengguna zoan sudah tentu manusia yg berwujud hewan, namun manusia yg berwujud hewan belum tentu pengguna zoan..


Zoan user - jangan tanya kenapa disilang, saya juga tidak tau. Ini gambar nyomot dari google. wkwk..

Ya, memang.. Sebelum genk mugiwara sampai di Shabaody Archipelago kita semua telah memahami bahwa musuh maupun kawan Luffy yang berwujud manusia dan memiliki kemampuan hewan adalah para pemakan zoan (untuk kasus Chopper adalah sebaliknya, ia berwujud hewan dan memakan zoan model manusia)


Diserial ini kita telah didoktrin bahwa "manusia" yang "hewan" adalah mereka yg diberi cap label zoan..(lucy,kaku,pell,chaka dll) fix, kita mengira bahwa di one piece tidak ada sumber kekuatan "utama" lain selain zoan..


Namun, semua itu berubah semenjak Bepo diperkenalkan.




Kemunculan Bepo disabaody seolah menjadi sorotan dan menjadikannya "Chopper" yang kedua.. alhasil, Luffy sudah tidak tertarik lagi dengan hewan yg dapat berbicara, dan tidak merekrutnya sebagai kru.. seperti yg dilakukannya pada Chopper dulu.


Tentu saja makhluk sejenis Bepo tidak akan sendirian diluar sana.. seekor(?) beruang yg ahli dalam beladiri mematahkan teori bahwa manusia yg berwujud hewan tidak melulu soal zoan, bahwa masih ada sumber kekuatan utama lain.. kekuatan dalam bentuk ras, yg dinamakan ras "mink".


secara gamblang dikenal bahwa dia adalah ras mink, beratus-ratus chapter setelah itu.. ia baru diperkenalkan secara resmi di arc Zou bahwa ia adalah ras mink sekaligus navigator bajak laut hati. Ras mink sendiri diperkenalkan oleh Duval yg memperlihatkan kertas kepada Sanji, yg berisi daftar harga budak.. disitu tertulis ras ini dijual dengan harga ... (duh, berapa ya? lupa saya) 





Yap, ras mink.. semenjak Pekom muncul. Mink secara jelas dibahas, puncaknya saat arc Zou .. kita telah memahami seperti apa itu ras mink.. ras yang memiliki kemampuan khusus bernama electro, dan juga ahli dalam menyembunyikan hawa keberadaan mereka, membuat ras ini memiliki ability khusus seperti manusia ikan yg memiliki gyojin karate. kata Wanda "kami sama seperti kalian, hanya saja kami berbulu" hal ini berarti bahwa mereka adalah manusia yg berwujud hewan. (atau sebaliknya? ntahlah..)


Setiap mink pun memiliki kemampuan khusus yg tidak sama dengan yg lainnya, sebut saja.. Carrot yg seorang kelinci memiliki lompatan tinggi yg dapat memantau hampir sepunggung gajah, karena memang.. ia adalah kelinci yg notabene nya memiliki kaki belakang yg kokoh dan ahli dalam melompat. Kelinci memang seperti itu, kan? seolah-olah carrot adalah manusia tulen yg memakan devil fruit zoan model kelinci.


Contoh lain, Roddy.. Mink banteng yg berprofesi sebagai guardian penjaga hutan paus, memiliki tanduk kuat nan kokoh yg membuatnya dapat beradu kejantanan dengan penyusup luffy, ralat.. beradu kepala dengan kapten bodoh itu. Roddy adalah mink banteng, tentu saja memiliki kemampuan seputar banteng. Ia mirip dengan Dalton yg memakan zoan ushi-ushi no mi yg membuatnya menjadi banteng, yg membedakan hanyalah electric saja, selain itu. semuanya mirip.


intinya, zoan adalah "mink" nya manusia. mereka memiliki kemampuan yg seolah sama seperti yg saya contohkan tadi.


Sekali lagi, pengguna zoan sudah tentu manusia yg berwujud hewan, namun manusia yg berwujud hewan belum tentu pengguna zoan.. mink telah membuktikan akan hal itu.. dunia onepiece terlalu luas, ya..




Smile, menjadi sumber kekuatan lain yg membuat penggunanya menjadi hewan, namun tidak seperti buah zoan yg begitu sempurna membuat penggunanya utuh menjadi sekawanan makhluk berbulu itu. Smile bisa dikatakan menjadi zoan yg cacat atau bahasa kerennya, zoan yg tertunda.. karena hanya sebagian tubuh pengguna saja yg menjadi bagian dari hewan. ada yg sebatas tangannya menjadi capit kepiting saja, ada juga yg tangannya malah berubah menjadi kepala srigala, dan lain-lain.. tonton saja saat Jack mulai menginvasi zou jika kamu ingin menontonnya. Satu2nya smile sempurna yg diketahui adalah smile yg dimakan oleh momonosuke yg utuh membuatnya menjadi naga seperti zoan alami lainnya, buah tersebut memang langsung diciptakan oleh ilmuwan masa depan vegapunk.


Terakhir, sumber kekuatan lain yg membuat penggunanya menjadi hewan ialah efek dari kemampuan buah setan. Maksudnya, beberapa buah setan memiliki inovasi untuk membuat sesuatu yg lain yg mengusung konsep dasar buah setan tadi. Contohnya saja, kelelawar anak buah Gecko Moria, sekilas mirip manusia yg memakan buah setan model kelelawar, kalau tidak salah namanya Hildon. Namun, seiring perkembangan cerita di di thriller bark, ternyata itu hanyalah efek kemampuan buah setan kage-kage no milik moria yg memasukkan bayangan pada mayat buatan Hogback.




Contoh lain, Randolph si pangeran penunggang bangau di Whole Cake Island. Nami mengira bahwa dia adalah ras mink, namun Carrot membantah ia tidak memiliki kemampuan electrik yg lazim digunakan oleh ras mink, mustahil ia adalah seorang mink. Carrot mengatakan bahwa ia pemakan buah setan, tentu saja, zoan model kelinci. Namun seiring perkembangan cerita, ia memang hanyalah seekor kelinci yang dimasukkan jiwa oleh Bigmom, sehingga membuatnya mirip pendekar kelinci, troll.




Yah, memang.. efek kekuatan tersebut tidaklah permanen. Mereka hanyalah keroco2 buatan dari pengguna buah setan yg diinovasikan tadi. Namun mereka memiliki kemampuan hewanii, kan?


Keempat sumber kekuatan itulah yg membuat seseorang memiliki kemampuan hewan di semesta one piece: Zoan, Mink, Smile, dan efek dari buah setan paramecia.


Share:

No comments:

Post a Comment

Search

Category List

Contributors

Followers

Labels